SINGAPORE TIPS AND TRICKS

Halo semuanya! kali ini aku mau berbagi beberapa tips untuk kalian yang mau ke Singapore dengan budget yang ga terlalu besar. karena aku baru paham tentang ini itu selama trip ke Singapore, jadi aku baru bisa berbagi. aku akan bahas tentang penginapan, makan, dan tujuan wisata selama di Singapore berdasarkan pengalaman ku. Jadi, selamat membaca!


1. TIKET
Untuk kalian yang mau bepergian keluar negeri ataupun cuma keluar kota, yang pasti aku saranin adalah rencanakan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan! Semua akan lebih murah kalau kalian persiapkan lebih lama dari keberangkatan. misalnya untuk tiket pesawat, kalian ga perlu ngeluarin uang lebih dari 500rb rupiah untuk beli tiket PP ke Singapore, asalkan belinya beberapa bulan sebelum berangkat, kalau bisa setahun sebelumnya hahaha. Aku saranin untuk kalian yang ga mau ribet, bisa beli tiket pesawat di Traveloka aja. kadang mereka suka adain promo dan diskon yang lumayan lah ya~ Atau kalian bisa datang ke travel fair yang diadakan tiap tahunnya dari beberapa maskapai misalnya Garuda Indonesia, biasanya mereka menawarkan harga tiket yang cukup miring dari biasanya. Untuk berapa lamanya, menurutku sih 3 hari cukup untuk muterin Singapore (asalkan kalian kuat jalan dan ga ngeluh capek hehehe).


2. PENGINAPAN
Untuk hotel di Singapore itu menurutku mahal banget, bahkan ada yg sampai 30-40 jutaan per-malam nya hanya untuk hotel! yaa kalau kamu kaya 7 turunan sih bebas~ hahaha. saranku kalau kamu pergi cuma sendiri atau berdua sama temen atau kakak/adik kamu sih mending nginep di hostel karena jauh lebih murah. tapi minusnya di hostel itu adalah yaa kamu akan tidur di ruangan yang isinya banyak orang yang ga kamu kenal (meskipun beda tempat tidur/kasur). dan kamar mandinya itu misah sama kamarnya, otomatis kamu akan bolak-balik dari kamar ke kamar mandi plus antre gantian untuk penggunaan kamar mandinya. kalau kalian rame-rame sekeluarga atau sama teman, bisa pakai alternatif apartmen dari Airbnb

aku ada rekomendasi hotel yang aku tempatin selama disana. kenapa aku pakai hotel? karena aku selalu bareng keluarga kalau kesana, jadi yg paling nyaman dan pas yaa di hotel. hotel ini namanya Beach Hotel, lokasinya ada di daerah Bugis. kenapa aku rekomendasiin? karena ini termasuk hotel yang paling murah di Singapore. meskipun ini hotel agak tua, tp dalemnya sama aja kayak hotel lainnya. lokasinya juga strategis, dekat stasiun MRT dan pusat perbelanjaan (Bugis Junction & Bugis Street). dekat sama 711 juga. untuk menuju ke bandara juga sangat mudah dan tidak terlalu lama. 
kurang-lebih kalian bisa lihat review nya disini. 



Kamar ini persis banget sama yg aku dapet untuk trip Singapore kemarin, nyaman kan?


3. TRANSPORTASI
Singapore itu negara yang luasnya kecil, jadi ngga perlu repot kalau mau bepergian. menurutku, cukup hanya dengan MRT aja. gimana cara beli tiketnya? tiketnya itu dijual pakai mesin di setiap stasiun, mudah banget caranya. hanya dengan klik tujuan kita dan tuliskan jumlah tiket yang kita butuhkan, masukkan uangnya, dan keluar deh tiketnya. mau yang lebih mudah? kalian cukup datang ke counter TransitLink yang ada di terminal 2 Changi Airport (dan beberapa station lainnya), lalu kalian beli Singapore Tourist Pass aja. kalian tinggal taping setiap kali masuk ke stasiun, ngga perlu beli tiket lagi, dan tiketnya itu unlimited sesuai dengan jumlah hari yang kita pesan. ada pilihan 1 day pass dengan harga 20SGD, 2 day pass dengan harga 26SGD, dan 3 day pass dengan harga 30SGD. kenapa cuma sampai 3 hari? karena rata-rata turis itu biasanya hanya menghabiskan 3 hari di Singapore. kalau kalian mau lebih dari 3 hari, bisa aja, nanti setelah 3 hari itu kalian bisa beli lagi untuk bbrp hari kedepan dari stasiun terdekat tertentu.

tourist pass ini bersifat refundable, jadi nanti kalau masa berlakunya habis, kalian bisa kembalikan ke counter TransitLink tersebut dan akan di refund sebesar 10 SGD, lumayan kan untuk nambah jajan? ohiya, tourist pass ini juga bisa dipakai untuk bus dan LRT. cuma selama aku disana, aku belum pernah coba naik bus, karena aku lebih memilih untuk jalan kaki setelah sampai di stasiun tujuan.

gimana cara tau rute dari 1 tempat ke tempat lain? sekarang jaman udah canggih banget, ada aplikasi namanya Google Maps. tinggal masukin aja nama lokasi yang kalian mau tuju, nanti muncul jalurnya + rute MRT/bus nya. bisa juga kalian ambil maps yang tersedia di airport. kuno sih, tp menurutku itu juga ngebantu banget. kalian jadi tau stasiun mana aja yang terdekat dari lokasi tujuan kalian, jadi hanya tinggal cari MRT Line nya deh. biasanya setelah beli Singapore Tourist Pass kita juga dikasih booklet yg isinya ada informasi rute line MRT. 








No comments:

LATEST POSTS

Powered by Blogger.